SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
1.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata
kuliah : Konsep Kebidanan
Kode
Mata Kuliah : BD 401
Bobot : 4 SKS (2T – 2P)
Semester : I (Satu)
Nama
dosen/Tim : Dian Yuliani, SST
2.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas tentang nilai, teori dan konsep kebidanan dalam kaitannya
dengan profesionalisme kebidanan dan penerapan manajemen kebidanan berdasarkan
kompetensi yang dimiliki.
3. STANDAR KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
1. Menjelaskan
konsep manajemen kebidanan pada umumnya
2. Menjelaskan
prinsip manajemen kebidanan pada umumnya
3. Menyebutkan
pengertian manajemen kebidanan
4.
MATERI
POKOK
Menjelaskan konsep dan prinsip pada umumnya.
5. PERTEMUAN KE: 21
6. MATRIK RPP
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar (TIU)
|
Indikator
/kriteria penilaian/ TIK
|
Aspek
Kompetnsi
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber
rujukan
|
|
K
|
A
|
||||||||
Menjelaskan konsep dan prinsip pada umumnya.
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Menjelaskan konsep dan prinsip pada umumnya.
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu
menjelaskan :
Ø Manajemen kebidanan
Ø Konsep manajemen pada umumnya
Ø prinsip manajemen pada umumnya
Ø Pengertian manajemen kebidanan
|
K1
|
A1
|
120 menit
|
CeramaTanya jawab
|
- Lcd
- Laptop
|
Kuis seara lisan
|
BU. 2
BA. 2,3
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
1.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata
kuliah : Konsep Kebidanan
Kode
Mata Kuliah : BD 401
Bobot : 4 SKS (2T – 2P)
Semester : I (Satu)
Nama
dosen/Tim : Dian Yuliani, SST
2.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas tentang nilai, teori dan konsep kebidanan dalam kaitannya
dengan profesionalisme kebidanan dan penerapan manajemen kebidanan berdasarkan
kompetensi yang dimiliki.
3. STANDAR KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
Menjelaskan
langkah-langkah manajemen kebidanan
4.
MATERI
POKOK
Menjelaskan
Langkah-langkah manajemen kebidanan
5. PERTEMUAN KE: 22
6. MATRIK RPP
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar (TIU)
|
Indikator
/kriteria penilaian/ TIK
|
Aspek
Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber
rujukan
|
|
K
|
A
|
||||||||
Menjelaskan Langkah-langkah manajemen kebidanan
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Ø Menjelaskan langkah-langkah manajemen kebidanan
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu:
Ø Menjelaskan langkah-langkah manajemen kebidanan
Ø langkah varney
Ø langkah SOAP
|
K2
|
A2
|
120 menit
|
Ø Ceramah, tanya jawab
|
- Lcd
- Laptop
|
Kuis secara tertulis
|
BU. 2
BA. 2,3
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
1.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata
kuliah : Konsep Kebidanan
Kode
Mata Kuliah : BD 401
Bobot : 4 SKS (2T – 2P)
Semester : I (Satu)
Nama
dosen/Tim : Dian Yuliani, SST
2.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas tentang nilai, teori dan konsep kebidanan dalam kaitannya
dengan profesionalisme kebidanan dan penerapan manajemen kebidanan berdasarkan
kompetensi yang dimiliki.
3. STANDAR KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
1.
Memahami
ruang lingkup dan sasaran praktek
kebidanan
2.
Memahami
lahan praktek pelayanan kebidanan
4.
MATERI
POKOK
Memahami Ruang
lingkup praktek kebidanan
5. PERTEMUAN KE: 23
6. MATRIK RPP
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar (TIU)
|
Indikator
/kriteria penilaian/ TIK
|
Aspek
Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber
rujukan
|
|
K
|
A
|
||||||||
Memahami ruang lingkup praktek
kebidanan
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Memahami Ruang lingkup praktek
kebidanan
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu:
Ø Menjelaskan lingkup praktek kebidanan
Ø Ruang lingkup dan sasaran
Ø Lahan praktek pelayanan kebidanan
|
K1
|
A1
|
120 menit
|
Ceramah,Tanya jawab
|
- Lcd
- Laptop
|
Kuis secara lisan
|
BU. 2
BA. 2,3
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
1.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata
kuliah : Konsep Kebidanan
Kode
Mata Kuliah : BD 401
Bobot : 4 SKS (2T – 2P)
Semester : I (Satu)
Nama
dosen/Tim : Dian Yuliani, SST
2.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas tentang nilai, teori dan konsep kebidanan dalam kaitannya
dengan profesionalisme kebidanan dan penerapan manajemen kebidanan berdasarkan
kompetensi yang dimiliki.
3. STANDAR KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
1.
Pelayanan mandiri
2.
Kolaborasi
3.
Rujukan
4.
MATERI
POKOK
Menjelaskan
pengorganisasian praktek asuhan kebidanan
5. PERTEMUAN KE: 24
6. MATRIK RPP
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar (TIU)
|
Indikator
/kriteria penilaian/ TK
|
Aspek
Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber rujukan
|
|
K
|
A
|
||||||||
Menjelaskan pengorganisasian praktek
asuhan kebidanan
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Ø Menjelaskan
pengorganisasian praktek asuhan kebidanan
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu:
Ø Menjelaskan pengorgani
sasian praktek
asuhan kebidanan
Ø Pelayanan mandiri
Ø Kolaborasi
Ø Rujukan
|
K1
|
A1
|
120 menit
|
Ceramah, Tanya jawab
|
- Lcd
- Laptop
|
Kuis secara lisan
|
BU. 2
BA. 2,3
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
1.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata
kuliah : Konsep Kebidanan
Kode
Mata Kuliah : BD 401
Bobot : 4 SKS (2T – 2P)
Semester : I (Satu)
Nama
dosen/Tim : Dian Yuliani, SST
2.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas tentang nilai, teori dan konsep kebidanan dalam kaitannya
dengan profesionalisme kebidanan dan penerapan manajemen kebidanan berdasarkan
kompetensi yang dimiliki.
3. STANDAR KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
Menjelaskan
langkah-langkah manajemen kebidanan
4.
MATERI
POKOK
Menjelaskan
Langkah-langkah manajemen kebidanan
5. PERTEMUAN KE: 25
6. MATRIK RPP
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar (TIU)
|
Indikator
/kriteria penilaian/ TIK
|
Aspek
Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber rujukan
|
|
K
|
A
|
||||||||
Menjelaskan Langkah-langkah manajemen kebidanan
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Ø Menjelaskan langkah-langkah manajemen kebidanan dalam contoh kasus
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu:
Ø Menjelaskan langkah-langkah manajemen kebidanan dalam contoh kasus
Ø langkah varney
Ø langkah SOAP
|
K2
|
A2
|
120 menit
|
Ø diskusi
Ø penugasan
|
- Lcd
- Laptop
- Papan tulis
|
Kuis secara teertulis
|
BU. 2
BA. 2,3
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
1.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata
kuliah : Konsep Kebidanan
Kode
Mata Kuliah : BD 401
Bobot : 4 SKS (2T – 2P)
Semester : I (Satu)
Nama
dosen/Tim : Dian Yuliani, SST
2.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas tentang nilai, teori dan konsep kebidanan dalam kaitannya
dengan profesionalisme kebidanan dan penerapan manajemen kebidanan berdasarkan
kompetensi yang dimiliki.
3. STANDAR KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
Mendemonstrasikan
pengorganisasian praktek asuhan kebidanan pelayanan mandiri
4.
MATERI
POKOK
Mendemonstrasikan
pengorganisasian praktek asuhan kebidanan pelayanan mandiri
5. PERTEMUAN KE: 26
6. MATRIK RPP
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar (TIU)
|
Indikator
/kriteria penilaian/ TIK
|
Aspek
Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber rujukan
|
|
K
|
A
|
||||||||
Mendemonstrasikan pengorganisasian
praktek asuhan kebidanan pelayanan mandiri
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Ø Mendemonstrasikan
pengorganisasian praktek asuhan kebidanan
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu:
Ø Mendemonstrasikan pengorgani
sasian praktek
asuhan kebidanan
Ø Pelayanan mandiri
|
K2
|
A2
|
180 menit
|
Ø Role play
|
- Lembar balik
|
Observasi role play
|
BU. 2
BA. 2,3
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
1.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata
kuliah : Konsep Kebidanan
Kode
Mata Kuliah : BD 401
Bobot : 4 SKS (2T – 2P)
Semester : I (Satu)
Nama
dosen/Tim : Dian Yuliani, SST
2.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas tentang nilai, teori dan konsep kebidanan dalam kaitannya
dengan profesionalisme kebidanan dan penerapan manajemen kebidanan berdasarkan
kompetensi yang dimiliki.
3. STANDAR KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
Mendemonstrasikan
pengorganisasian praktek asuhan kebidanan kolaborasi
4.
MATERI
POKOK
Mendemonstrasikan
pengorganisasian praktek asuhan kebidanan kolaborasi
5. PERTEMUAN KE: 27
6. MATRIK RPP
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar (TIU)
|
Indikator
/kriteria penilaian/ TIK
|
Aspek
Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber rujukan
|
|
K
|
A
|
||||||||
Mendemonstrasikan pengorganisasian praktek asuhan kebidanan
kolaborasi
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Ø Mendemonstrasikan
pengorganisasian praktek asuhan kebidanan
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu:
Ø Mendemonstrasikan pengorgani
sasian praktek
asuhan kebidanan
Ø Kolaborasi
|
K2
|
A1
|
180 menit
|
Ø Role play
|
-
|
Observasi role play
|
BU. 2
BA. 2,3
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
1.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata
kuliah : Konsep Kebidanan
Kode
Mata Kuliah : BD 401
Bobot : 4 SKS (2T – 2P)
Semester : I (Satu)
Nama
dosen/Tim : Dian Yuliani, SST
2.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas tentang nilai, teori dan konsep kebidanan dalam kaitannya
dengan profesionalisme kebidanan dan penerapan manajemen kebidanan berdasarkan
kompetensi yang dimiliki.
3. STANDAR KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
Mendemonstrasikan
pengorganisasian praktek asuhan kebidanan rujukan
4.
MATERI
POKOK
Mendemonstrasikan
pengorganisasian praktek asuhan kebidanan rujukan
5. PERTEMUAN KE: 28
6. MATRIK RPP
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar (TIU)
|
Indikator /kriteria penilaian/ TIK
|
Aspek Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber rujukan
|
|
K
|
A
|
||||||||
Mendemonstrasikan pengorganisasian praktek asuhan
kebidanan rujukan
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Ø Mendemonstrasikan
pengorganisasian praktek asuhan kebidanan
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu:
Ø Mendemonstrasikan pengorgani
sasian praktek asuhan kebidanan
Ø Rujukan
|
K2
|
A2
|
120 menit
|
Ø Role play
|
- Lembar balik
|
Observasi role play
|
BU. 2
BA. 2,3
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
1.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata
kuliah : Konsep Kebidanan
Kode
Mata Kuliah : BD 401
Bobot : 4 SKS (2T – 2P)
Semester : I (Satu)
Nama
dosen/Tim : Dian Yuliani, SST
2.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas tentang nilai, teori dan konsep kebidanan dalam kaitannya
dengan profesionalisme kebidanan dan penerapan manajemen kebidanan berdasarkan
kompetensi yang dimiliki.
3. STANDAR KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
Menjelaskan
sistem penghargaan bagi bidan (reward, sanksi)
4.
MATERI
POKOK
Menjelaskan Sistem penghargaan bagi bidan (reward, sanksi)
5. PERTEMUAN KE: 29
6. MATRIK RPP
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar (TIU)
|
Indikator
/kriteria penilaian/ TIK
|
Aspek Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber rujukan
|
|
K
|
A
|
||||||||
Menjelaskan Sistem penghargaan bagi bidan (reward, sanksi)
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Ø Menjelaskan sistem penghargaan bagi bidan
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Ø Menjelaskan sistem penghargaan bagi bidan
Ø Reward
Ø Sanksi
|
K1
|
A1
|
120 menit
|
Ø Ceramah
Ø Diskusi
|
- Lcd
- Laptop
|
Kios secara lisan
|
BA. 3
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
1.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata
kuliah : Konsep Kebidanan
Kode
Mata Kuliah : BD 401
Bobot : 4 SKS (2T – 2P)
Semester : I (Satu)
Nama
dosen/Tim : Dian Yuliani, SST
2.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas tentang nilai, teori dan konsep kebidanan dalam kaitannya
dengan profesionalisme kebidanan dan penerapan manajemen kebidanan berdasarkan
kompetensi yang dimiliki.
3. STANDAR KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
Mendemonstrasikan
sistem penghargaan bagi bidan
4.
MATERI
POKOK
Mendemonstrasikan sistem penghargaan bagi bidan (reward)
5. PERTEMUAN KE: 30
6. MATRIK RPP
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar (TIU)
|
Indikator
/kriteria penilaian/ TIK
|
Aspek
Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber rujukan
|
|
K
|
A
|
||||||||
Mendemonstrasikan sistem penghargaan bagi bidan (reward)
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Ø Mendemonstrasikan sistem penghargaan bagi bidan
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Ø Mendemonstrasikan sistem penghargaan bagi bidan
Ø Reward
|
K2
|
A2
|
120 menit
|
Ø Role play
|
-
|
Observasi role play
|
BA. 3
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
1.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata
kuliah : Konsep Kebidanan
Kode
Mata Kuliah : BD 401
Bobot : 4 SKS (2T – 2P)
Semester : I (Satu)
Nama
dosen/Tim : Dian Yuliani, SST
2.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas tentang nilai, teori dan konsep kebidanan dalam kaitannya
dengan profesionalisme kebidanan dan penerapan manajemen kebidanan berdasarkan
kompetensi yang dimiliki.
3. STANDAR KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
Mendemonstrasikan sistem penghargaan bagi bidan (sanksi)
4.
MATERI
POKOK
Mendemonstrasikan
sistem penghargaan bagi bidan (sanksi)
5. PERTEMUAN KE: 31
6. MATRIK RPP
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar (TIU)
|
Indikator
/kriteria penilaian/ TIK
|
Aspek
Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber rujukan
|
|
K
|
A
|
||||||||
Mendemonstrasikan sistem
penghargaan bagi bidan (sanksi)
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Ø Mendemonstrasikan sistem penghargaan bagi bidan
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Ø Mendemonstrasikan sistem penghargaan bagi bidan
Ø Sanksi
|
K2
|
A2
|
180 menit
|
Ø Role play
|
-
|
Observasi role play
|
BA. 3
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
1.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata
kuliah : Konsep Kebidanan
Kode
Mata Kuliah : BD 401
Bobot : 4 SKS (2T – 2P)
Semester : I
(Satu)
Nama
dosen/Tim : Dian Yuliani, SST
2.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas tentang nilai, teori dan konsep kebidanan dalam kaitannya
dengan profesionalisme kebidanan dan penerapan manajemen kebidanan berdasarkan
kompetensi yang dimiliki.
3. STANDAR KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
Mendemonstrasikan sistem penghargaan bagi bidan (reward,
sanksi)
4.
MATERI
POKOK
Mendemonstrasikan sistem penghargaan bagi bidan (reward,
sanksi)
5. PERTEMUAN KE: 32
6. MATRIK RPP
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar (TIU)
|
Indikator
/kriteria penilaian/ TIK
|
Aspek
Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber rujukan
|
|
K
|
A
|
||||||||
Mendemonstrasikan sistem penghargaan bagi bidan (reward, sanksi)
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Mengevaluasi
sistem penghargaan bagi bidan
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Ø Mengevaluasi sistem penghargaan bagi bidan
Ø Reward
Ø Sanksi
|
K2
|
A2
|
180 menit
|
Ø Role play
|
-
|
Observasi role play
|
BA. 3
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
1.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata kuliah : Konsep
Kebidanan
Kode
Mata Kuliah : BD 401
Bobot : 4 SKS (2T – 2P)
Semester : I (Satu)
Nama
dosen/Tim : Astri pramita, SST
2.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas tentang nilai, teori dan konsep kebidanan dalam kaitannya
dengan profesionalisme kebidanan dan penerapan manajemen kebidanan berdasarkan
kompetensi yang dimiliki.
3. STANDAR KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
Menjelaskan prinsip
pengembangan karir bidan
4.
MATERI
POKOK
Menjelaskan prinsip
pengembangan karir bidan
5. PERTEMUAN KE: 33
6. MATRIK RPP
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar (TIU)
|
Indikator /kriteria
penilaian/ TIK
|
Aspek
Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber rujukan
|
|
K
|
A
|
||||||||
Menjelaskan prinsip pengembangan karir bidan
|
Setelah mengikuti
perkuliahan ini mahasiswa mampu :
1.
Menjelaskan prinsip
pengembangan karir bidan
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Ø Menjelaskan prinsip pengembangan karir bidan
Ø Pandidikan lanjut
Ø Job fungsional
Ø Prinsip pengembangan karir bidan (peran, fungsi dan tanggung jawab
bidan)
|
K1
|
A1
|
120 menit
|
Ø Ceramah, Tanya jawab
Ø Diskusi
|
- Lcd
- Laptop
|
Kuis secara lisan
|
BU. 2
BA. 2,3
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
1.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata
kuliah : Konsep Kebidanan
Kode
Mata Kuliah : BD 401
Bobot : 4 SKS (2T – 2P)
Semester : I (Satu)
Nama dosen/Tim : Astri pramita, SST
2.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas tentang nilai, teori dan konsep kebidanan dalam kaitannya
dengan profesionalisme kebidanan dan penerapan manajemen kebidanan berdasarkan
kompetensi yang dimiliki.
3. STANDAR KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat menjelaskan :
1.
Pengertian berubah
2.
Macam-macam berubah
3.
Cirri-ciri perubahan
4.
MATERI
POKOK
` Menjelaskan proses berubah
5. PERTEMUAN KE: 34
6. MATRIK RPP
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar (TIU)
|
Indikator
/kriteria penilaian/ TIK
|
Aspek
Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber rujukan
|
|
K
|
A
|
||||||||
Menjelaskan proses berubah
|
Setelah mengikuti
perkuliahan ini mahasiswa mampu :
1.
Menjelaskan proses berubah
2.
Menjelaskan pemasaran social
jasa asuhan kebidanan
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Ø Menjelaskan proses berubah
Ø Pengertian
Ø Macam-macam berubah
Ø Cirri-ciri perubahan
Ø Pemasaran sosial jasa asuhan kebidanan
|
K1
|
A1
|
120 menit
|
Ø Ceramah, Tanya jawab
Ø Diskusi
|
- Lcd
- Laptop
|
Kuis secara lisan
|
BU. 2
BA. 2,3
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
1.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata
kuliah : Konsep Kebidanan
Kode
Mata Kuliah : BD 401
Bobot : 4 SKS (2T – 2P)
Semester : I (Satu)
Nama
dosen/Tim : Astri pramita, SST
2.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas tentang nilai, teori dan konsep kebidanan dalam kaitannya
dengan profesionalisme kebidanan dan penerapan manajemen kebidanan berdasarkan
kompetensi yang dimiliki.
3. STANDAR KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
Mendemonstrasikan
prinsip pengembangan karir bidan tentang identifikasi resiko tinggi
4.
MATERI
POKOK
Mendemonstrasikan
prinsip pengembangan karir bidan tentang identifikasi resiko tinggi
5. PERTEMUAN KE: 35
6. MATRIK RPP
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar (TIU)
|
Indikator
/kriteria penilaian/ TIK
|
Aspek
Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber rujukan
|
|
K
|
A
|
||||||||
Mendemonstrasikan prinsip pengembangan karir bidan
tentang identifikasi resiko tinggi
|
Setelah mengikuti
perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Mendemonstrasikan prinsip pengembangan karir bidan
tentang identifikasi resiko tinggi
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Ø Mendemonstrasikan prinsip pengembangan karir bidan tentang
identifikasi resiko tinggi
|
K2
|
A2
|
180 menit
|
Ø Role play
|
- Lembar balik
|
Observasi role play
|
BU. 2
BA. 2,3
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
1.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata
kuliah : Konsep Kebidanan
Kode
Mata Kuliah : BD 401
Bobot : 4 SKS (2T – 2P)
Semester : I (Satu)
Nama
dosen/Tim : Astri pramita, SST
2.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas tentang nilai, teori dan konsep kebidanan dalam kaitannya
dengan profesionalisme kebidanan dan penerapan manajemen kebidanan berdasarkan
kompetensi yang dimiliki.
3. STANDAR KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
Mendemonstrasikan
prinsip pengembangan karir bidan tentang asuhan persalinan bersih dan aman
4.
MATERI
POKOK
Mendemonstrasikan
prinsip pengembangan karir bidan tentang asuhan persalinan bersih dan aman
5. PERTEMUAN KE: 36
6. MATRIK RPP
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar (TIU)
|
Indikator
/kriteria penilaian/ TIK
|
Aspek Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber rujukan
|
|
K
|
A
|
||||||||
Mendemonstrasikan prinsip pengembangan karir bidan tentang asuhan
persalinan bersih dan aman
|
Setelah mengikuti
perkuliahan ini mahasiswa mampu :
1.
Mendemonstrasikan Pendidikan
berkelanjutan tentang Asuhan persalinan bersih dan aman
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Ø Mendemonstrasikan Pendidikan berkelanjutan
Ø Asuhan persalinan bersih dan aman
|
K2
|
A1
|
180 menit
|
Ø Role play
|
- Panthom
- Lembar balik
|
Observasi role play
|
BU. 2
BA. 2,3
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
1.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata
kuliah : Konsep Kebidanan
Kode
Mata Kuliah : BD 401
Bobot : 4 SKS (2T – 2P)
Semester : I (Satu)
Nama dosen/Tim : Astri pramita, SST
2.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas tentang nilai, teori dan konsep kebidanan dalam kaitannya
dengan profesionalisme kebidanan dan penerapan manajemen kebidanan berdasarkan
kompetensi yang dimiliki.
3. STANDAR KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
Mendemonstrasikan
prinsip pengembangan karir bidan dalam pendidikan berkelanjutan tentang
penanggulangan kegawat daruratan maternal dan perinatal
4.
MATERI
POKOK
Mendemonstrasikan
prinsip pengembangan karir bidan dalam pendidikan berkelanjutan langan kegawat
daruratan maternal dan perinatal
5. PERTEMUAN KE: 37
6. MATRIK RPP
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar (TIU)
|
Indikator
/kriteria penilaian/ TIK
|
Aspek
Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber rujukan
|
|
K
|
A
|
||||||||
Mendemonstrasikan prinsip pengembangan karir bidan dalam pendidikan
berkelanjutan tentang penanggulangan kegawat daruratan maternal dan perinatal
|
Setelah mengikuti
perkuliahan ini mahasiswa mampu :
1.
Mendemonstrasikan Pendidikan
berkelanjutan tentang Penanggulangan kegawat daruratan maternal dan perinatal
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Ø Mendemonstrasikan Pendidikan berkelanjutan
Ø Penanggulangan kegawat daruratan maternal dan perinatal
|
K2
|
A2
|
180 menit
|
Ø Role play
|
- Lembar balik
- Panthom
|
Observasi reole play
|
BU. 2
BA. 2,3
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
1.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata
kuliah : Konsep Kebidanan
Kode
Mata Kuliah : BD 401
Bobot : 4 SKS (2T – 2P)
Semester : I (Satu)
Nama
dosen/Tim : Astri pramita, SST
2.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas tentang nilai, teori dan konsep kebidanan dalam kaitannya
dengan profesionalisme kebidanan dan penerapan manajemen kebidanan berdasarkan
kompetensi yang dimiliki.
3. STANDAR KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
Mendemonstrasikan
prinsip pengembangan karir bidan dalam pendidikan berkelanjutan tentang
senam hamil
4.
MATERI
POKOK
Mendemonstrasikan
prinsip pengembangan karir bidan dalam pendidikan berkelanjutan tentang
senam hamil
5. PERTEMUAN KE: 38
6. MATRIK RPP
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar (TIU)
|
Indikator
/kriteria penilaian/ TIK
|
Aspek Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber rujukan
|
|
K
|
A
|
||||||||
Mendemonstrasikan prinsip pengembangan karir bidan dalam pendidikan
berkelanjutan tentang senam hamil
|
Setelah mengikuti
perkuliahan ini mahasiswa mampu :
1.
Mendemonstrasikan Pendidikan
berkelanjutan tentang seman hamil
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Mendemonstrasikan prinsip pengembangan karir bidan dalam pendidikan
berkelanjutan tentang senam hamil
|
K2
|
A1
|
180 menit
|
Ø Role play
|
- Matras
|
Observasi role play
|
BU. 2
BA. 2,3
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
1.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata kuliah : Konsep
Kebidanan
Kode
Mata Kuliah : BD 401
Bobot : 4 SKS (2T – 2P)
Semester : I (Satu)
Nama
dosen/Tim : Astri pramita, SST
2.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas tentang nilai, teori dan konsep kebidanan dalam kaitannya
dengan profesionalisme kebidanan dan penerapan manajemen kebidanan berdasarkan
kompetensi yang dimiliki.
.
3. STANDAR KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
Mendemonstrasikan
prinsip pengembangan karir bidan dalam pendidikan berkelanjutan tentang senam
nifas.
4.
MATERI
POKOK
Mendemonstrasikan
prinsip pengembangan karir bidan dalam pendidikan berkelanjutan tentang senam
nifas.
5. PERTEMUAN KE: 39
6. MATRIK RPP
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar (TIU)
|
Indikator
/kriteria penilaian/ TIK
|
Aspek
Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber rujukan
|
|
K
|
A
|
||||||||
Mendemonstrasikan prinsip pengembangan karir bidan dalam
pendidikan berkelanjutan tentang senam nifas.
|
Setelah mengikuti
perkuliahan ini mahasiswa mampu :
1.
Mendemonstrasikan Pendidikan
berkelanjutan tentang senam nifas
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Mendemonstrasikan prinsip pengembangan karir bidan dalam
pendidikan berkelanjutan tentang senam nifas.
|
K2
|
A2
|
180 menit
|
Ø Role play
|
- Matras
|
Observasi role play
|
BU. 2
BA. 2,3
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
1.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata
kuliah : Konsep Kebidanan
Kode
Mata Kuliah : BD 401
Bobot : 4 SKS (2T – 2P)
Semester : I (Satu)
Nama
dosen/Tim : Astri pramita, SST
2.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas tentang nilai, teori dan konsep kebidanan dalam kaitannya
dengan profesionalisme kebidanan dan penerapan manajemen kebidanan berdasarkan
kompetensi yang dimiliki.
3. STANDAR KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
Mendemonstrasikan
prinsip pengembangan karir bidan dalam pendidikan berkelanjutan tentang
kesehatan reproduksi.
4.
MATERI
POKOK
Mendemonstrasikan
prinsip pengembangan karir bidan dalam pendidikan berkelanjutan tentang
kesehatan reproduksi.
5. PERTEMUAN KE: 40
6. MATRIK RPP
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar (TIU)
|
Indikator
/kriteria penilaian/ TIK
|
Aspek
Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber rujukan
|
|
K
|
A
|
||||||||
Mendemonstrasikan prinsip pengembangan karir bidan dalam
pendidikan berkelanjutan tentang kesehatan reproduksi.
|
Setelah mengikuti
perkuliahan ini mahasiswa mampu :
1.
Mendemonstrasikan Pendidikan
berkelanjutan tntang kesehatan reproduksi
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Mendemonstrasikan prinsip pengembangan karir bidan dalam
pendidikan berkelanjutan tentang kesehatan reproduksi.
|
K2
|
A2
|
180 menit
|
Ø Role play
|
- Lembar balik
|
Observasi role play
|
BU. 2
BA. 2,3
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
1.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata kuliah : Konsep
Kebidanan
Kode Mata
Kuliah : BD 401
Bobot : 4 SKS (2T – 2P)
Semester : I (Satu)
Nama
dosen/Tim : Dian Yuliani, SST
2.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas tentang nilai, teori dan konsep kebidanan dalam kaitannya
dengan profesionalisme kebidanan dan penerapan manajemen kebidanan berdasarkan
kompetensi yang dimiliki.
3. STANDAR KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
Mendemonstrasikan
prinsip pengembangan karir bidan dalam pendidikan berkelanjutan tentang
peningkatan peran serta masyarakat.
4.
MATERI
POKOK
Mendemonstrasikan
prinsip pengembangan karir bidan dalam pendidikan berkelanjutan tentang
peningkatan peran serta masyarakat
5. PERTEMUAN KE: 41
6. MATRIK RPP
pertemuan 41
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar (TIU)
|
Indikator
/kriteria penilaian/ TIK
|
Aspek
Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber rujukan
|
|
K
|
A
|
||||||||
Mendemonstrasikan
prinsip pengembangan karir bidan dalam pendidikan berkelanjutan tentang
peningkatan peran serta masyarakat
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Mendemonstrasikan prinsip pengembangan karir bidan dalam
pendidikan berkelanjutan tentang peningkatan peran serta masyarakat
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Ø Mendemonstrasikan prinsip pengembangan karir bidan dalam pendidikan
berkelanjutan tentang peningkatan peran serta masyarakat
|
K2
|
A2
|
180 menit
|
Ø Role play
|
-
|
Observasi role play
|
BU. 2
BA. 2,3
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
1.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata
kuliah : Konsep Kebidanan
Kode
Mata Kuliah : BD 401
Bobot : 4 SKS (2T – 2P)
Semester : I (Satu)
Nama
dosen/Tim : Dian Yuliani, SST
2.
TUJUAN MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas tentang nilai, teori dan konsep kebidanan dalam kaitannya
dengan profesionalisme kebidanan dan penerapan manajemen kebidanan berdasarkan
kompetensi yang dimiliki.
3. STANDAR KOMPETENSI
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
Mendemonstrasikan
prinsip pengembangan karir bidan dalam pendidikan berkelanjutan tentang audit
maternal perinatal.
4.
MATERI
POKOK
Mendemonstrasikan
prinsip pengembangan karir bidan dalam pendidikan berkelanjutan tentang audit
maternal perinatal.
5. PERTEMUAN KE: 42
6. MATRIK RPP
Materi
Pokok
|
Kompetensi
Dasar (TIU)
|
Indikator /kriteria penilaian/ TIK
|
Aspek Kompetensi
|
Waktu
(menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber rujukan
|
|
K
|
A
|
||||||||
Mendemonstrasikan prinsip pengembangan karir bidan dalam pendidikan
berkelanjutan tentang audit maternal perinatal.
|
Setelah mengikuti
perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Mendemonstrasikan prinsip pengembangan karir bidan dalam pendidikan
berkelanjutan tentang audit maternal perinatal.
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
Mendemonstrasikan prinsip pengembangan karir bidan dalam pendidikan
berkelanjutan tentang audit maternal perinatal.
|
K2
|
A2
|
180 menit
|
Ø Role play
|
-
|
Observasi rle play
|
BU. 2
BA. 2,3
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar